Selasa, 04 Juni 2013

Cara mencuci rambut


Mencuci rambut atau keramas adalah perawatan rambut yang dilakukan hampir setiap hari. Perawatan ini bertujuan membersihkan rambut dari debu dan polusi.
Meski terbilang sangat mudah, tapi apakah cara cara keramas yang Anda lakukan selama ini sudah benar? Penting untuk diketahui bagaimana cara mencuci rambut dengan benar agar rambut terlihat lebih sehat dan indah.
Berikut langkah-langkah keramas yang benar seperti dilansir laman Health India:

 - Menyisir rambut
Sisir terlebih dahulu mahkota rambut Anda sebelum mencucinya. Dengan cara ini diharapkan rambut tidak kusut saat dicuci.  Selain itu rambut basah cenderung lebih rapuh ketimbang saat dalam kondisi kering.
- Bilas rambut dengan air

Bilas rambut Anda terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Tujuannya untuk menghilangkan debu, kotoran, dan minyak yang menempel pada rambut. 
Setelah merasa bersih, barulah Anda tuangkan sampo di telapak tangan sesuai kebutuhan. Pastikan sampo tersebut Anda oleskan secara menyeluruh hingga ujung rambut.
Setelah itu pijat kulit kepala dengan perlahan. Pijatan ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di kepala yang membuat rambut tumbuh maksimal. Jika busa sampo terlihat menggunung, diamkan selama 30-60 detik, kemudian bilas hingga bersih.

- Beri kondisioner pada rambut

Setelah dibersihkan dengan benar, peras rambut Anda hingga tidak terlalu basah. Hal ini diperlukan untuk menerapkan perawatan selanjutnya, yaitu kondisioner.
Dalam menerapkan pelembab rambut ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengoleskannya pada area kulit kepala karena akan menyebabkan ketombe dan berminyak. Oleskan pelembab di bagian rambut secara merata.
Setelah itu bersihkan kembali dengan air, lalu peras kembali dengan menggunakan handuk kering. Kini, rambut Anda akan terasa lebih lembut

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.