Selasa, 04 Juni 2013

Cara Merawat HP Android


Cara Merawat HP Android Agar Awet - Popularitas ponsel Android akhir-akhir ini semakin melonjak, banyak konsumen kita yang menjatuhkan pilihannya pada HP ini, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Mereka semua mulai memasuki era digital baru. Hal ini menunjukkan fitur-fitur yang ada di HP Android mampu membuat para konsumennya puas. Sehingga HP Android memang pantas menyandang predikat sebagai smart phone (ponsel pintar).

Sebagai pemilik HP Android, tentu kita harus mengetahui bagaimana cara merawat hp ini. Sebab apabila HP Anda tidak dirawat, itu dapat menyebabkan kerusakan dan berakibat pada pembelian HP yang baru. Boros kan? Merawat HP Android itu susah susah gampang. Susah jikalau Anda keberatan / malas melakukannya. Gampang jikalau Anda mau melakukannya dengan senyuman yang ikhlas. Nah, sekarang Anda tinggal memilih, mau HP Android yang cepat rusak / lemot, lelet, dan sebagainya atau mau yang awet, tahan lama, bandel? Kalau saya sih milihnya yang cepat rusak, lelet / lemot. Hehe, bercanda sob.

Ada beberapa aspek dari ponsel Android yang perlu kita rawat supaya awet dan tidak cepat rusak, antara lain sebagai berikut.

1. Merawat Baterai

Walaupun memiliki daya yang besar, apabila HP Android terus-terusan digunakan ngegame / internet seharian. Tetap saja baterainya cepat lemah. Maka dari itu, kasihanilah baterai HP Anda dengan tidak menggunakannya berlama-lama. Karena hal tersebut dapat menyebabkan baterai HP anda nge-drop. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat baterai HP, silahkan simak Tips Merawat Baterai HP.

2. Merawat Layar

Pergunakanlah touch screen HP Anda dengan halus, lembut, penuh dengan kehati-hatian. Jangan sesekali Anda menyentuh layar HP Android secara kasar. Karena hal tersebut dapat menyebabkan sensor-sensor di bawah layar HP tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga responsibiltasnya menjadi rendah. Untuk menghindari kontak langsung dengan tangan, jangan pernah Anda melepas plastik tipis yang menempel di layar pada saat pertama membeli HP Android.

3. Merawat Casing

Untuk merawat casing HP Android, Anda dapat membeli pelindung casing Android di handphone shop terdekat. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan mekanis yang terjadi ketika HP Anda terjatuh misalnya. Saran saya beli casing pelindung Android yang berbahan dasar karet. Atau biar lebih terproteksi, beli pelindung yang bentuknya seperti dompet. Tanya saja penjualnya di sana pasti dia tahu.

4. Install Aplikasi Seperlunya

Walaupun banyak sekali aplikasi HP Android yang bertebaran di luar sana, pasanglah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan keberadaannya. Jangan menginstall aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali, hanya dijadikan sebagai pajangan. Sebab apabila Anda sering install-uninstall aplikasi di HP Android, hal ini dapat mengurangi kinerja RAM, sehingga menyebabkan HP Android lelet / lambat / lemot.

5. Listrik Statis

Listrik statis timbul dari gesekan dengan kain, plastik ataupun yang lainnya, timbulnya listrik statis sangat berbahaya bagi ponsel Android yang mengusung touch screen (layar sentuh). Karena ponsel yang biasanya diletakkan pada saku celana, secara tidak sengaja akan menimbulkan listrik statis akibat gesekan dengan kain celana, dan akibatnya responsibilitas layar menjadi menurun dan tidak jarang layarnya harus diganti akibat sudah tidak responsip lagi. Maka dari itu, jika Anda gemar membawa HP kemana-mana. Maka ada baiknya menggunakan dompet atau tempat ponsel lainnya yang tidak bisa menimbulkan listrik statis.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.